Sewu artinya ‘seribu’, dan Candi Sewu memang sering dikaitan dengan legenda Rara Jonggrang dan 1000 candinya. Candi yang berada dalam kompleks Taman Wisata Candi Prambanan ini merupakan candi dengan corak Buddha yang dibangun oleh dinasti Syailendra dari Kerajaan Medang.

Menurut prasasti, candi ini bernama asli Vajrasana Manjusrigrha dan dimaksudkan sebagai tempat untuk memuliakan salah seorang boddhisatwa dalam agama Buddha yaitu Manjusri. Kompleks Candi Sewu memiliki desain yang bila dilihat dari atas membentuk pola Mandala Vajradhatu.

Kompleks Candi Sewu terdiri dari satu candi utama yang dikelilingi dengan 240 candi perwara dan 8 candi apit. Candi utama yang bermahkotakan stupa ini dulunya menampung arca besar dari sang boddhisatwa Manjusri dengan tinggi sekitar 4 meter.

Sayangnya, patung yang diyakini terbuat dari perunggu ini sekarang hilang dan tidak diketahui keberadaannya. Candi Sewu cukup dikenal dengan sepasang patung besar yang menjaga tiap pintu masuknya. Patung besar ini dikenal sebagai wujud Dwarapala, sang raksasa penjaga pintu masuk yang bersenjatakan gada.

Artikel : Iqbal Fadly | Foto : Iqbal Fadly
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.