Memiliki nama resmi Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga, Gereja Katedral Jakarta adalah salah satu gereja Katolik tertua di Jakarta yang memiliki sejarah panjang dalam proses pembangunannya. Katedral yang berdiri sekarang ini bukanlah gedung gereja yang pertama kali dibangun. Bangunan awal gereja hanyalah sebuah rumah bambu berukuran kecil yang diresmikan pada tahun 1810.

Bangunan Katedral yang kita kenal sekarang adalah hasil rancangan Pastor Antonius Dijkmans yang pekerjaannya dilanjutkan oleh Cuypers-Hulswit dan akhirnya diresmikan serta diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, SJ, Vikaris Apostolik Jakarta.

Memasuki Katedral melalui pintu utama, pengunjung akan disambut oleh patung Bunda Maria dengan tulisan Beatam Me Dicent Omnes Generationes yang artinya “Semua keturunan menyebut aku bahagia”. Uniknya, di Katedral ini patung Bunda Maria terlihat mengenakan baju motif batik dengan simbol burung garuda di bagian dada dan kerudung berwarna merah dan putih. Hal ini menyimbolkan bahwa Bunda Maria adalah sosok ibu dari setiap suku di Indonesia.

Gereja Katedral Jakarta

Ornamen puncak Gereja Katedral.

Secara umum, bangunan Gereja Katedral berciri khas Eropa dengan gaya Neogotik. Jendela-jendela besar yang tersebar di seluruh permukaan gereja dihiasi dengan lukisan karya seniman grafis Amsterdam, Theo Molkenboer, yang menceritakan tentang peristiwa Jalan Salib Yesus Kristus. Di bagian kanan dan kiri gereja juga terdapat bilik-bilik yang digunakan sebagai tempat pengakuan dosa. Sementara di bagian depan terdapat altar suci pemberian dari Komisaris Jenderal Du Bus de Gisignies yang masih digunakan sebagai altar utama dalam berbagai misa.

Bangunan gereja sendiri sengaja didesain menyerupai salib, dengan luas sekitar 35 m dan lebar 17 m. Mengikuti gaya arsitektur gereja Neogotik pada umumnya, Katedral memiliki tiga menara utama yang menjulang tinggi, yakni Menara Benteng Daud, Menara Gading dan Menara Angelus Dei. Terdapat pula tiga lonceng yang ditempatkan di menara Gereja Katedral, namun hanya lonceng terbesar yang secara reguler berbunyi tiga kali dalam sehari sebagai tanda dimulainya ibadah bagi umat Katolik.

Selain sebagai sebuah tempat ibadah, Gereja Katedral Jakarta juga terbuka untuk Travelers yang sekadar ingin menikmati keindahan dan keagungan interior serta eksterior bangunan gereja klasik ini. Saat Travelers berkunjung, sempatkan mampir ke Museum Katedral untuk menikmati berbagai artefak bersejarah yang dapat membangkitkan rasa kagum terhadap masa lampau. Buka setiap hari, kecuali hari Jumat, Museum Katedral tidak memungut biaya masuk, namun Travelers diharuskan mengisi buku tamu terlebih dahulu.

Artikel : Alisa Pratomo | Foto : George Timothy


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.