Seluk-Beluk Kehidupan Suku Betawi

Jakarta, sebuah pintu gerbang pertemuan berbagai etnis dari berbagai kawasan yang mewarnai dan memengaruhi pertumbuhan kota, berikut orang-orangnya. Seperti daerah lainnya di Indonesia, Jakarta pun memiliki penduduk asli yang menurut beberapa pakar budaya dan sejarah telah diperkirakan ada serta mendiami kawasan ini sejak abad ke-17, yaitu suku Betawi. Tetapi siapakah suku Betawi ini dan dari mana mereka berasal? Etnis ini lahir dari proses yang panjang dan tidak muncul tiba-tiba.

Berdasarkan penelitian dan bukti-bukti sejarah, etnis Betawi lahir dari percampuran berbagai macam suku bangsa di Nusantara yang telah lebih dulu hidup di Jakarta, serta campuran dari bangsa mancanegara seperti Tionghoa, Portugis, India, Arab dan Belanda.

Pada periode kerajaan-kerajaan Sriwijaya, Sunda, dan Islam, sebetulnya sudah terdapat dasar-dasar terbentuknya etnis Betawi. Hanya saja, pada saat itu belum ada penyebutan istilah kata Betawi. Orang dulu menyebut penduduk Sunda Kelapa yang kemudian berganti nama menjadi Jayakarta dengan istilah wong Jakarta atau orang Jakarta.

Istilah Betawi mulai muncul pada periode kekuasaan Kolonial Belanda, saat nama Jayakarta berganti menjadi Batavia. Masyarakat atau orang-orang Sunda yang tinggal dekat dengan Batavia menyebut orang Batavia dengan sebutan orang Betawi. Hal ini dikarenakan lidah orang Sunda sulit untuk mengucapkan Batavia dan lambat laun istilah Betawi melekat hingga saat ini.

Secara tertulis, sebutan orang Betawi pertama kali terdapat dalam testamen atau surat wasiat Nyai Inqua, seorang janda tuan tanah Souw Beng Kong, Kapiten Tionghoa pertama di Batavia. Nyai Inqua menyebut seorang pembantu perempuannya sebagai orang Betawi.

Seiring berjalannya waktu dan berbeda dengan kebanyakan daerah lain di Indonesia, suku Betawi sebagai penduduk asli Jakarta tidak begitu terlihat mendominasi, baik secara jumlah maupun peran. Wilayah di Jakarta yang ditempati oleh etnis Betawi juga semakin kecil dan hanya tersebar mulai dari Bogor, Tangerang, Bekasi hingga Karawang.

Sejak meningkatnya jumlah penduduk Betawi yang melakukan migrasi ke beberapa daerah, mulailah muncul istilah Betawi Udik, Betawi Pinggir dan Betawi Tengah. Namun, masih ada pula daerah di Jakarta yang kental dengan nuansa kebudayaan Betawi yaitu Kampung Rawa Belong, Kampung Condet, Kampung Marunda tempat tinggal jawara Betawi si Pitung berasal, dan Kampung Setu Babakan yang hingga kini masih terjaga kelestariannya.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai budaya masyarakat Betawi, salah satu tempat yang Travelers dapat kunjungi adalah Setu Babakan yang terletak di Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Perkampungan ini merupakan kawasan yang tumbuh dan berkembang dengan komunitas yang erat dengan budaya Betawi, seperti dari adat istiadat, kesenian, religi, arsitektur dan kuliner.

Setu Babakan

Areal Setu Babakan dengan arsitektur tradisional Betawi yang khas.

Didiami oleh sekitar 3000 kepala keluarga, sebagian besar dari mereka merupakan penduduk asli Betawi yang sudah turun temurun tinggal di daerah ini. Sedangkan sebagian kecil lainnya merupakan pendatang dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan daerah lainnya yang sudah menetap lebih dari 30 tahun lamanya.

Perkampungan dengan luas area 32 ha ini pun telah ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya Betawi pada tahun 2004. Penetapan ini bertujuan untuk menciptakan satu kawasan yang melestarikan nuansa budaya Betawi, sekaligus untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung.

Buka setiap harinya dari pukul 09:00 – 16:00 WIB, Travelers yang berkunjung ke Setu Babakan akan merasakan keramahan penduduk lokal dan keasrian lingkungan alamnya. Khusus hari Sabtu dan Minggu, Travelers dapat menyaksikan pertunjukkan seni budaya Betawi, seperti tari topeng, lenong, tanjidor, dan ondel-ondel yang dipentaskan di panggung terbuka berukuran 60 meter persegi.

Selain pagelaran seni, jika Travelers datang pada waktu yang tepat maka juga bisa menyaksikan prosesi adat kebudayaan Betawi secara langsung, seperti pernikahan, prosesi khitanan dan aktivitas pemuda yang sedang berlatih pencak silat khas Betawi. Ada pula pilihan untuk bermalam di rumah penduduk bagi pengunjung yang memerlukan waktu lebih lama untuk kebutuhan penelitian, pendidikan maupun pelatihan.

Setu Babakan tidak hanya menyajikan pagelaran seni budaya saja, namun juga terdapat wisata danau yang letaknya tepat di tengah-tengah perkampungan. Ada dua danau yang dapat dinikmati, yaitu Danau Mangga Bolong dan Danau Babakan, di mana keduanya dikelilingi oleh asrinya pepohonan kecapi, belimbing, rambutan, sawo, dan melinjo. Biasanya, danau ini dimanfaatkan penduduk setempat untuk memancing atau sekadar menikmati kesejukan dan keasrian di pinggir danau. Travelers juga dapat melakukan aktivitas yang sama dengan menyewa peralatan yang disediakan oleh pengelola danau. Selain itu ada pula wisata perahu untuk mengelilingi danau dengan harga Rp6.000 per orang.

Untuk Travelers pecinta kuliner, kudapan khas Betawi pun banyak disajikan di sepanjang jalan sekeliling danau, seperti kerak telor, dodol Betawi dan soto Betawi yang dijual dengan harga terjangkau. Penduduk setempat juga kerap mengolah beberapa hidangan langsung di depan warung mereka, sehingga proses pembuatannya dapat disaksikan oleh pengunjung. Dengan ini, pengunjung diajak terlibat langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi.

Ada tiga agenda utama di Setu Babakan yaitu agenda rutin, agenda tahunan dan kegiatan dadakan yang dilakukan oleh masyarakat setempat, pemerintah daerah atau pihak swasta yang sedang menyelenggarakan kegiatan di dalam perkampungan. Agenda rutin merupakan pertunjukkan kesenian budaya Betawi yang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu untuk menarik wisatawan. Sedangkan agenda tahunan terdiri dari atraksi atau Festival Budaya Betawi, Pekan Lebaran, Pekan Desember dan Pekan Pergelaran Kesenian Nuansa islami. Travelers yang berkunjung ke Setu Babakan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000. Komplek Setu Babakan sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti Museum Betawi, tempat ibadah, toilet umum, tempat bermain anak, teater terbuka, galeri, toko oleh-oleh hingga wisma.

Akses menuju Setu Babakan relatif mudah. Banyak kendaraan umum yang melewati perkampungan ini mulai dari bus kota hingga commuter line. Pengunjung yang menggunakan bus kota dapat langsung turun di depan pintu gerbang Setu Babakan. Jika menggunakan commuter line, pengunjung akan turun di stasiun Lenteng Agung terlebih dahulu sebelum kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus kota atau kendaraan online.

Artikel : Aki Suhartono | Foto : Iqbal Fadly, George Timothy


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.