Menguntai Inspirasi di

Bumi Mataram

Di paruh awal abad 19, dunia dihebohkan dengan berita temuan Sir Thomas Stamford Raffles di tengah Pulau Jawa: sebuah ‘gunung’ misterius dengan seribu patung yang tersembunyi jauh di dalam hutan di tengah Dataran Kedu, Magelang.

Temuan kedua berada di Dataran Kewu, Yogyakarta. Puing dan reruntuhan bangunan yang berserakan di sini sudah dikenal warga setempat, namun dihindari karena dianggap sebagai tempat yang angker dan konon bisa membawa sial bagi siapapun yang mendekatinya.

Terbengkalai, terkubur, dan terlupakan. Pada saat itu tak ada yang menyadari kalau dua temuan tersebut adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan, dua monumen raksasa peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang kini menjadi salah satu situs sejarah terpenting di Indonesia. Sebagai warisan dunia yang amat dijaga kelestariannya dan mampu mendatangkan jutaan pengunjung dari berbagai belahan dunia setiap tahunnya.

Sebutan ‘Bumi Mataram’ sendiri melekat pada daerah Yogyakarta dan sekitarnya yang hingga saat ini, seribu tahun sejak berdirinya Candi Borobudur dan Prambanan, masih terus meninggalkan pengaruh budaya yang besar untuk dipelajari dan dikagumi.

Yogyakarta sendiri sempat menjadi ibukota negara Indonesia di tahun 1946 – 1949, menunjukkan bahwa kota ini kerap memegang peranan vital dalam perkembangan sejarah Nusantara.

Semangat perjuangan dan kemerdekaan juga tersebar di berbagai sudut Kota Jogja yang memiliki berbagai julukan ini, yang telah menjadi saksi kejayaan kerajaan-kerajaan besar di Tanah Air mulai dari Medang atau Mataram Kuno, Kesultanan Mataram hingga Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih hidup dan berjaya hingga sekarang.

Dalam edisi kali ini, Travelink mengajak Anda untuk menjelajah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya seperti Kota Magelang dan Klaten, yang menyimpan sejumlah pusaka sejarah, pesona alam, dan berbagai hal unik dan keseruan untuk dicoba. Seperti penemuan-penemuan banyak megastruktur kunonya, Bumi Mataram memang selalu menjadi kejutan dan inspirasi dalam setiap kunjungan Anda di daerah yang istimewa ini.

error: Alert: Konten ini Dilindungi !!