Berpuisi Diantara Awan

Tanoh Gayo

Keindahan Bukit Barisan – Pulau Sumatra sudah tidak diragukan lagi, mengalungi pulau yang dulunya dikenal dengan nama Swarnadwipa atau ‘pulau emas’ ini dengan rangkaian kemegahan yang membujur dari Aceh di ujung utara, hingga Lampung di ujung selatan. Bukit Barisan memang terkenal dengan pesona alamnya yang diakui sebagai harta karun dunia. Kali ini, Travelink mengajak Anda untuk menjelajahi daerah di jantung Bukit Barisan bagian utara, yaitu Tanoh Gayo.

Tanoh Gayo merupakan wilayah di provinsi Aceh yang mencakup Kabupaten Aceh Tengah dengan ibukota Takengon, Bener Meriah dengan ibukota Simpang Tiga Redelong, dan Gayo Lues dengan ibukota Blangkejeren. Dari ketiga wilayah inilah Suku Gayo berasal dan menetap hingga saat ini, dengan seni budaya yang berbeda dari suku lainnya di Provinsi Aceh.

Setiap daerah di Tanoh Gayo memiliki pesonanya tersendiri. Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah berada di ketinggian 900 – 2,600 meter diatas permukaan laut dan tergabung dalam kawasan Dataran Tinggi Gayo, penghasil kopi arabika terbesar di Indonesia dengan cita rasa kopi gayo-nya yang telah mendunia. Sedangkan Kabupaten Gayo Lues yang juga disebut sebagai ‘Negeri Seribu Bukit’, terkenal dengan Tari Saman dan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang dapat menyihir Anda untuk mencintai alam dan budaya Indonesia lebih dalam lagi.

Masyarakat Gayo selalu lekat dengan alam. Mayoritas wilayahnya merupakan hutan hujan tropis yang mempesona serta keelokan lapisan pegunungan Bukit Barisan bagian utara. Keindahan alamnya jugalah yang kerap membangkitkan sisi romantisme masyarakat Gayo yang tidak pernah luput dari berkesenian dalam kesehariannya. Dengan berbagai tarian, puisi, dan nyanyian, masyarakat Gayo adalah salah satu suku di Indonesia dengan karakteristik budaya dan kesenian khas yang menonjol.

Tanoh Gayo adalah wilayah yang menawarkan wisata alam dan budaya yang menyeluruh. Di Takengon Anda dapat meresapi alunan syair didong sambil menikmati hangatnya kopi gayo di hadapan api unggun yang menemani dinginnya malam. Di sisi yang lain, Anda dapat bertualang untuk menyaksikan kehidupan orangutan liar dari dekat sambil mendaki Gunung Leuser yang begitu menantang di Gayo Lues. Semua hal tersebut menjadikan Tanoh Gayo sebagai tujuan travel yang tepat untuk Anda jelajahi berikutnya.

error: Alert: Konten ini Dilindungi !!