Maluku Barat Daya

Setabuh Tifa dan Sesulang Sopi di Bumi Kalwedo

‘The Lost Islands’ – sebuah nickname yang berasal dari turis Australia untuk kepulauan yang masih cukup asing dalam dunia pariwisata, yaitu Kepulauan Maluku Barat Daya di Provinsi Maluku. Sebagai salah satu kepulauan terdepan di wilayah timur Indonesia, penduduk lokal Maluku Barat Daya cenderung akrab dengan wisatawan dari negeri kangguru karena jarak keduanya yang cukup dekat. Dengan kekayaan alam, budaya dan sejarahnya yang menawan, kepulauan yang bertumpu di antara Laut Banda dan Laut Timor ini adalah tujuan wisata yang bukan saja menarik, namun juga unik karena menyimpan jutaan misteri keindahan yang belum banyak diketahui oleh wisatawan lokal.

Gugusan pulau seperti Pulau Letti, Babar, Moa, Kisar, Wetar dan beberapa pulau kecil lainnya yang membentuk Maluku Barat Daya dulu dikenal dengan sebutan Onderafdeeling Zuid Wester Eilandon ketika menjadi pusat administrasi Hindia-Belanda di timur Indonesia. Beberapa bangunan gereja dan benteng Belanda yang tersebar disini memaparkan signifikansi Maluku Barat Daya dalam lintas sejarah Indonesia. Selain itu, karena letak geografisnya berada di tengah garis Weber, wilayah ini juga menawarkan keragaman flora dan fauna khas lempeng Sunda di barat Indonesia, serta Sahul di timur Indonesia dan benua Australia.

Lokasi ini sangat layak dijadikan escape travel bagi Anda yang hectic dengan daily activity. Betapa tidak, selain cukup terpencil, Anda akan dimanjakan dengan panorama pantai-pantai perawan, bukit sabana, aneka satwa liar hingga mempelajari peninggalan bersejarah dari sudut pandang yang lebih eksotis. Nikmati hari-hari menyenangkan di Maluku Barat Daya yang siap menyambut Anda dengan salam damainya – Kalwedo!

error: Alert: Konten ini Dilindungi !!