Gunung yang berada di Kabupaten Bener Meriah ini merupakan salah satu gunung berapi di Provinsi Aceh yang statusnya masih aktif hingga saat ini. Pesona gunung yang memiliki ketinggian 2,600 mdpl ini tidak hanya mengundang para pendaki dalam negeri, namun banyak pendaki luar negeri yang juga sudah menginjakkan kaki di puncaknya.

Dengan keindahan alam yang menawan, gunung ini menyuguhkan pemandangan hamparan perkebunan kopi, hutan belantara juga pesona bunga edelweis yang juga dikenal sebagai bunga abadi. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan istimewa yang menampakkan Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah beserta Danau Lut Tawar dari puncak gunung ini. Jika beruntung, di pagi hari Anda akan disambut dengan hamparan awan seluas mata memandang yang di atasnya terlihat matahari sedang menyinari, membuat Anda merasa benar-benar berada di Negeri di Atas Awan.

Pendakian dimulai dari Desa Rembune. Memasuki areal perkebunan warga adalah awal untuk mencapai puncak Gunung Bur Ni Telong. Dengan waktu mendaki kurang lebih 6 Jam menyusuri hutan belantara, Anda akan tiba di puncak gunung yang memiliki 2 kerucut vulkanik: Salah Nama dan Pepanji. Gunung yang memiliki jalur dan medan cukup extreme ini mengharuskan para pendakinya untuk berhati-hati dan berkonsentrasi penuh saat mendakinya. Dan pastikan Anda mendaki di saat cuaca yang baik untuk memudahkan Anda saat pendakian dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : Ova Senjaya
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.