Pantai Greweng merupakan pantai kecil dengan garis pantai yang tidak sampai 1 km. Pantai Greweng yang sering disebut dengan nama Pantai Pulutan ini juga masih berada di area Desa Jepitu, Gunungkidul. Pantai yang diapit oleh dua bukit karang yang membentuk cekungan ini memberikan panorama yang mempesona.

Pasir putih, rumput laut, dan karang dangkal dengan ikan-ikan kecil dan bintang laut, menambah kealamian yang masih sangat terjaga dari pantai ini. Suasana sepi tanpa nelayan membuat Pantai Greweng layaknya pantai pribadi sehingga banyak wisatawan yang datang ke Pantai Greweng untuk camping dan menikmati ketenangan suasananya.

Untuk dapat sampai di bibir Pantai Greweng, sebelumnya kita harus trekking melalui jalan setapak terlebih dahulu kurang lebih selama 40 menit. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan indah alam sekitar Pantai Greweng yang terlihat masih alami, seperti ‘Hutan Batu’. Sekitar Pantai Greweng juga terdapat sumber air tawar yang mengalir dari perbukitan sebelah utara, langsung menuju ke pantai.

Kita juga dapat mendaki bukit sebelah timur Pantai Greweng untuk menuju area Pantai Sinden dan Pulau Kalong. Berbeda dengan Pantai Greweng yang memiliki pasir putih, Pantai Sinden dan Pulau Kalong merupakan tebing tinggi yang sebagian sisinya dipenuhi semak belukar yang langsung berbatasan dengan laut lepas.

Pantai ini sangat disukai para pemancing karena ikan-ikan disana sangat besar. Di antara Pantai Sinden dan Pulau Kalong terdapat jembatan yang menghubungkan kedua tempat ini, yang digunakan sebagai akses para pemancing atau warga dan banyak digunakan sebagai spot foto bagi wisatawan.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : George Timothy & Adipati Dolken
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.