‘Air terjun Pelangi’ – julukan bagi air terjun yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Aceh ini. Air terjun dengan ketinggian 50 meter ini memancarkan keindahannya dengan pelangi yang mendampingi kala matahari bersinar terang. Air terjun ini terletak di Desa Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah. Dengan keasrian pesona alamnya, Tansaran Bidin sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan dan hiking.

Berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota Kabupaten Bener Meriah, dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam menuju lokasi air terjun ini. Anda akan melewati perdesaan dan perkebunan kopi, sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 90 menit menyusuri hutan. Jalan setapak yang sedikit menanjak, curam dan terjal menjadi tantangan tersendiri yang harus dilalui untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini.

Sepanjang perjalanan menelusuri hutan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bunga-bunga hutan yang tumbuh liar beserta aliran sungai kecil. Sesampainya di air terjun rasa lelah mendaki dan menelusuri hutan akan berganti menjadi kekaguman menyaksikan pancuran air yang keluar dari tebing-tebing tinggi. Di lokasi air terjun, percikan air yang membasahi tanah menjadikannya lembab dan licin, sehingga Anda perlu extra berhati-hati selama berada disana.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : Adipati Dolken
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.