Pantai Bawana atau Bwana adalah salah satu surga tersembunyi yang terletak di sisi barat Desa Kahale, Kecamatan Kodi Balaghar, Sumba Barat Daya. Pantai ini memiliki ciri yang berbeda dari pantai lainnya. Di tengah hamparan pasir putih dan debur ombak yang mengikis pantai, berdiri kokoh tebing karang setinggi kurang lebih 6 meter dengan lubang besar di tengahnya.

Karang bolong ini terlihat seperti sebuah pintu gerbang menuju suatu tempat, atau tepatnya gerbang senja. Menikmati senja yang turun perlahan dari lubang karang ini akan terasa sangat berkesan. Para wisatawan lokal maupun mancanegara terlihat antusias berfoto-foto di bawah karang bolong, sambil menanti sunset di ufuk barat.

Untuk sampai dan menikmati keindahan Pantai Bawana sedikit dibutuhkan perjuangan lebih. Setelah berkendara menggunakan roda 2 atau roda 4 kurang lebih selama 2 jam dari Tambolaka, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni tebing yang cukup curam dan sedikit licin yang harus dilalui dengan penuh hati-hati.

Setelah menuruni tebing, kita akan disambut garis pantai yang membentang dengan pasir putihnya. Memandang keindahan pantai dengan karang bolongnya yang iconic akan mengembalikan semangat setelah lelah menuruni tebing tersebut.

Pantai Bawana masih tergolong destinasi wisata baru. Bahkan banyak warga Sumba yang belum mengetahui pantai ini, jadi wajar jika akses jalanan belum terlalu baik. Namun kesigapan masyarakat setempat yang peka terhadap peluang wisata sudah mulai membenahi akses menuju tempat ini, juga adanya jasa pelayanan seperti porter dan juru parkir.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : George Timothy

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.