Siapa yang tak mengenal gudeg? Makanan khas Jogja ini merupakan makanan yang paling dicari oleh wisatawan jika berkunjung ke Yogyakarta. Kepopulerannya bahkan membuat Jogja dijuluki sebagai ‘kota gudeg’.

Santapan ini dibuat dengan merebus nangka muda dengan santan hingga beberapa jam dengan baku tambahan lainya seperti cabai, bawang merah, bawang putih, gula aren, ketumbar, lengkuas, kemiri, daun salam juga daun jati yang menghasilkan warna kecokelatan dari gudeg.

Biasanya, gudeg dihidangkan dengan nasi dan kuah santan kental (areh). Ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek yang terbuat dari rebusan kulit sapi juga menjadi pelengkap khas dari makanan ini.

Saat ini, Jogja sebagai kota gudeg memiliki beragam restoran gudeg dengan cita rasanya tersendiri. Seperti Gudeg Yu Djum yang telah memiliki banyak cabang, atau Gudeg Pawon yang ada di Jalan Janturan 36 – 38, Warungboto, Yogyakarta dan buka hanya pada malam hari.

Gudeg Pawon selalu ramai dikunjungi warga lokal maupun wisatawan. Jika Anda ingin mencoba kelezatan Gudeg Pawon ini, lebih baik datang lebih awal agar tidak antre terlalu lama dan tidak kehabisan.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : George Timothy
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.