Tak jauh dari Tanjung Bira, terdapat Pulau Kambing. Tidak ada hubungannya dengan namanya, bahkan tidak terlihat ada kambing yang berkeliaran di pulau ini. Lalu kenapa tempat ini dinamakan Pulau Kambing? Ternyata, tidak ada arti khusus untuk nama pulau ini, hanya sekedar nama saja.

Pulau Kambing merupakan pulau yang tidak memiliki penghuni. Terletak tidak jauh dari Tanjung Bira, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan perahu cepat yang disewa dari Tanjung Bira. Travelers akan tiba di pantai yang memiliki kekayaan biota laut dengan dinding karang yang memiliki kedalaman sekitar 60 m.

Pulau Kambing

Pulau Kambing merupakan spot yang tepat bagi yang suka snorkeling ataupun menyelam. Jernihnya air sangat mengundang pengunjung untuk bergegas mempersiapkan alat snorkeling. Konon, terdapat arus kuat yang disebabkan oleh air terjun bawah laut sehingga perlu diperhatikan oleh para penyelam agar lebih berhati-hati.

Bagi para penyelam, Pulau Kambing merupakan salah satu spot diving yang ada di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri jika penyelam akan bertemu dengan hiu di kawasan perairan ini seperti hiu black tip, white tip dan jika beruntung para divers juga bisa bertemu hiu martil maupun hiu paus di kedalaman. Menikmati keindahan Pulau Kambing juga dapat dilakukan dengan menaiki tebing terjal untuk melihat keseluruhan Pulau Kambing dari atas tebing.

Artikel : Nelce Muaya | Foto : George Timothy

  • Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

  • Hubungi

    0822-9261-8249

  • Jam Operasional

    Buka hari senin – jumat pukul 08.00 – 17.15 WITA, (hari sabtu dan minggu libur).


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.