Si Maskot Demokrasi

Mendengar nama ilmiahnya saja, Bos javanicus javanicus, sudah jelas kalau hewan ini identik dengan Pulau Jawa. Tubuh yang besar dan kuat dari spesies ini juga membuatnya sering dianggap sebagai lambang keperkasaan dalam beberapa budaya di Jawa. Dulunya banteng tersebar di seluruh Pulau Jawa. Sayangnya, spesies yang terpampang di lambang negara Indonesia sebagai representasi sila keempat ini malah terancam punah. Saat ini, banteng jawa hanya tersisa di beberapa cagar alam dan taman nasional saja.

Dilihat dari genusnya, banteng jawa berkerabat dengan spesies serupa yang dapat ditemukan di Pulau Kalimantan (Bos javanicus lowi) dan banyak negara lain di Asia Tenggara seperti Myanmar, Thailand, Laos dan Kamboja (Bos javanicus birmanicus). Di pertengahan abad ke-19, banteng jawa bahkan sempat diperkenalkan ke Australia. Dikenal sebagai ‘bali cattle’ atau sapi bali, populasi banteng liar dapat dijumpai di ujung utara Australia saat ini. Di daerah lain banteng jawa juga dikenal dengan beberapa sebutan lain seperti klebo atau tembadau.

Dengan kisaran hidup yang dapat mencapai 20 tahun, rata-rata seekor banteng jantan memiliki berat sekitar 700 kg hingga 1 ton dan tinggi bahu yang dapat mencapai 1,7 m dengan panjang sekitar 2,3 m. Banteng jantan umumnya berwarna hitam kebiruan, sedangkan betinanya berwarna coklat kemerahan. Banteng jantan juga bertanduk lebih besar dan panjang dibanding betina sebagai sistem melindungi diri. Salah satu ciri fisik menarik lain yang membedakan seekor banteng dengan kerbau atau sapi terdapat di bagian kakinya yang berwarna putih, yang tampak seolah spesies ini memakai kaus kaki.

Banteng jawa adalah spesies yang hidup berkelompok, dengan tiap kelompok umumnya dipimpin oleh seekor betina dewasa. Satu kelompok biasanya berjumlah 10-12 ekor. Namun tiap kelompok juga bisa bersatu dengan kelompok lain dan membentuk kawanan yang jumlahnya dapat mencapai 40 ekor.

Umumnya, tiap banteng memilki hubungan yang cukup dekat dengan banteng lain yang berada di kelompok yang sama. Banteng jantan akan membentuk formasi pertahanan jika merasa terancam, dan melindungi para banteng betina serta anggota kelompoknya yang masih kecil. Tidak hanya pada sesama spesiesnya, banteng jawa juga dikenal bersimbiosis dengan makhluk hidup lain di sekitarnya. Bahkan beberapa banteng di taman nasional tidak menunjukkan reaksi agresif terhadap manusia.

Sifat sosial dari banteng jawa dalam berkelompok menjadikannya cerminan akan kualitas kerakyatan dan hidup berdampingan. Alasan itulah yang menjadikan kepala banteng terpilih untuk melambangkan sila keempat dari Pancasila, sila yang juga merepresentasikan semangat demokrasi sebagai bagian dari dasar ideologi negara Indonesia. Namun dengan semakin berkurangnya habitat serta masih adanya pemburuan liar, jumlah banteng jawa di alam liar kian menurun.

Saat ini pemerintah dan taman nasional terus melakukan upaya konservasi banteng jawa lewat pengelolaan habitat yang baik untuk menunjang pertumbuhan populasinya di alam liar. Hewan yang spesial ini merupakan salah satu contoh keanekaragaman hayati di Indonesia yang harus dilestarikan. Agar keberadaannya sebagai salah satu simbol Pancasila, dasar penting negara, tidak punah dan hanya menjadi dongeng untuk generasi Indonesia yang akan datang.

Artikel : Iqbal Fadly | Foto : George Timothy
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.