Surga Tersembunyi di Ujung Barat Sumba

Siapa pun pasti tergiur untuk berenang atau bermain air di Danau Weekuri. Airnya yang begitu jernih, putih pasir di dasarnya dapat terlihat dengan sangat jelas. Dengan pantulan sinar matahari di atas airnya yang berwarna biru kehijauan, dan rimbun rindang pepohonan di sekelilingnya yang berdesau kecil tertiup angin. Burung-burung yang sesekali melintas saja, seolah ingin ikut menikmati keasrian dan ketenteraman dari danau ini.

Weekuri atau Waikuri adalah sebuah laguna (danau air asin) yang ber­batasan dengan laut, yang terletak di Desa Kalenarogo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Jaraknya sekitar 50 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Tambolaka, dengan menyusuri jalan pesisir barat Pulau Sumba. Danau yang dikelilingi dengan batu karang dan pepohonan yang lebat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam di Sumba yang paling diminati. Berada di area danau, Anda akan merasa bagai berada di kolam renang pribadi yang tersembunyi dari dunia luar.

Dengan kealamian yang masih amat terjaga, belum banyak terdapat fasilitas lain di tempat ini. Hanya ada masyarakat yang menjual jajanan dan cinderamata khas setempat, atau jembatan untuk menikmati pemandangan sekitar. Gardu pandang yang terbuat dari kayu ini dapat membawa Anda mengelilingi Danau Weekuri hingga ke tebing karang yang langsung berbatasan dengan laut lepas. Anda juga dapat menyaksikan view sunset yang mempesona dari atas jembatan ini.

Banyak cerita seputar asal-usul ditemukannya Weekuri oleh masyarakat setempat. Konon, dulunya area di Danau Weekuri ini dipenuhi banyak kera yang hidup di pepohonan sekitar. Danau Weekuri juga dikenal oleh warga setempat sebagai tempat persembunyian di masa-masa ketika perang masih sering berkecamuk di Pulau Sumba. Lokasinya yang tersembunyi dengan pepohonan dan bebatuan karang memang sesuai dijadikan benteng pertahanan, selain juga menawarkan keindahan yang dapat menenteramkan hati.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri adalah di pagi dan sore hari. Di kala surut, kedalaman Danau Weekuri berkisar antara 30 cm – 2,5 meter saja sehingga relatif aman untuk segala usia. Apalagi menjelang matahari terbenam, warna lembayung senja di langit akan kontras dengan birunya air danau, menjadi sebuah pemandangan yang spesial untuk dinikmati dan diabadikan.

Danau Weekuri terbaring tenang bagai surga tersembunyi dan benteng pertahanan alami. Sebagai sepenggal keindahan alam Indonesia di Tana Humba, yang dapat membawa kekaguman dan rasa syukur bagi siapapun yang mengunjunginya.

Artikel : Iqbal Fadly | Foto : George Timothy & Ibna Alfattah

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.