Keindahan Indonesia Yang Baru Ditemukan

Di tahun 2015, seorang bocah desa setempat yang berumur 10 tahun bernama Erikson pergi berburu babi hutan dengan kakak dan pamannya. Tidak ada yang menyangka jika dalam pemburuan mereka saat itu mereka bukan menemukan babi hutan. Akan tetapi, di tengah belantara hutan Pulau Sumba, ketiga orang ini malah menemukan sebuah air terjun tiga tingkat dengan kolam berwarna biru yang belum pernah terjamah oleh sentuhan manusia.

Saat ini, 3 tahun kemudian setelah penemuannya, Air Terjun Waimarang yang berada di Desa Waimarang, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur ini telah berkembang menjadi salah satu destinasi wajib dalam tiap itinerary trip ke Sumba.

Untuk mencapainya dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari Kota Waingapu. Karena tempat ini relatif baru sebagai tempat wisata, akses menuju tempat ini masih kurang baik. Namun itu tidak menghentikan ratusan wisatawan setiap bulannya yang ingin menyaksikan keindahan Air Terjun Waimarang secara langsung.

Di area ini juga belum terdapat banyak fasilitas, hanya ada jajaran warung sederhana yang dikelola penduduk setempat di area parkir mobil. Setelah memarkir mobil di lapangan sabana Waimarang, diperlukan trekking selama 15 – 20 menit menuruni lereng perbukitan dan menembus hutan untuk menuju air terjun ini. Perjalanan trekking-nya sendiri akan menjadi pengalaman yang berkesan juga menantang. Di mana Anda akan melewati rindangnya pepohonan yang segar, pemandangan perbukitan yang elok, serta menyeberangi anak sungai.

Air Terjun Waimarang dikenal juga sebagai Air Terjun La Winu yang berarti pinang karena terdapat pohon pinang di atasnya. Terdapat 3 kolam di area ini yang memiliki tingkat kedalaman yang berbeda. Air terjun di area ini sebenarnya tergolong kecil, namun letaknya yang berada di cekungan besar tebing batu kapur membuat kolamnya terbaring bagai telaga dalam sebuah dongeng.

Oasis tersembunyi di tengah rimba ini memberikan suasana secluded yang menenteramkan dan jauh dari kebisingan. Anda bisa menjelajah area air terjun dengan memanjat tebing batu hingga tiba di bagian atas air terjun. Di bagian ini, Anda bisa masuk melewati celah bebatuan untuk sampai di area kolam yang lainnya.

Air Terjun Waimarang merupakan salah satu pesona alam yang tidak boleh terlewat jika Anda berkunjung ke Nusa Cendana. Penemuan air terjun ini juga meninggalkan pertanyaan bagi kita semua: apa lagi pesona alam Indonesia yang belum kita temukan? Kenyataan bahwa Air Terjun Waimarang baru saja ditemukan pada tahun 2015 ini menjadi penyemangat kita untuk terus menjelajah Nusantara. Selain juga menjadi pengingat akan banyaknya misteri keindahan alam yang menanti untuk kita temui, singgahi, dan syukuri sebagai bagian dari Indonesia.

Artikel : Iqbal Fadly | Foto : George Timothy

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.