Siluet Candi Borobudur di antara embun pagi di Kota Magelang yang tampak dari ketinggian, memukau kita dengan keindahan yang dapat dijumpai di Punthuk Setumbu. Jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Magelang dengan akses yang mudah dicapai membuat wisatawan ramai mendatanginya.

Dengan jalan setapak yang sedikit mendaki, para pengunjung seolah diajak untuk berolahraga sebelum menikmati indahnya sunrise dari Punthuk Setumbu. Jalan setapak menuju spot sunrise ini cukup dilalui untuk mereka yang turun dan naik sekaligus, dengan lebar jalan sekitar 1,5 meter.

Beberapa spot foto Instagramable sengaja dibuat warga sekitar agar lebih menarik pengunjung dan anak-anak seperti ayunan, kursi malas, dan masih banyak lagi. Di area Punthuk Setumbu juga terdapat gereja tua yang populer dengan nama Gereja Ayam atau Gereja Merpati.

Gereja ini bersebelahan dengan spot sunrise Punthuk Setumbu, dimana jika kita teruskan perjalanan dari spot tersebut kita akan sampai di gereja yang berbentuk seperti burung merpati ini. Gereja Ayam semakin populer dan mulai ramai dikunjungi semenjak beberapa film menampilkan footage indah di lokasi ini dan membuat orang penasaran akan keunikan bentuk bangunannya.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi kurang lebih 400 mdpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan ladang penduduk. Setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise dengan latar Bodobudur yang tampak istimewa dari tempat ini, orang-orang mulai ramai berdatangan untuk turut menikmati pemandangan indah dari Punthuk Setumbu yang kini berkembang menjadi salah satu spot wisata terpopuler di Magelang.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : George Timothy
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.