Menanti sunrise di atas bukit yang dipenuhi pepohonan, udara sejuk yang memikat segar, dan melihat lautan kabut diantara perbukitan membuat kita terpesona dengan indahnya pemandangan dari Kebun Buah Mangunan. Seperti namanya, Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah objek wisata edukasi pertanian dan alam yang populer di Kabupaten Bantul, dengan jarak 15 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Kebun Buah Mangunan ini memiliki lahan seluas 23,415 ha dengan ketinggian 150 – 200 mdpl. Dataran tinggi dan sejuknya udara yang dimiliki, Kebun Buah Mangunan ini kerap disebut negeri di atas awan, di mana dari gardu pandang yang memiliki ketinggian 200 mdpl ini kita dapat menyaksikan gumpalan awan bagai laut yang menyelimuti Perbukitan Sewu beserta terbitnya fajar dari sisi kiri kita. Pantai Parangtritis dan Kota Bantul juga dapat terlihat dari gardu pandang, beserta aliran sungai yang berada di bawah titik ini.

Selain memancarkan keindahan alam, terdapat juga bermacam-macam tumbuhan yang dapat kita pelajari secara langsung di Kebun Buah Mangunan. Mulai dari melakukan pembibitan, pembuatan pupuk serta mempelajari tanaman hias.

Terdapat sekitar 3200 jenis tumbuhan yang berada di Kebun Buah Mangunan ini yang di antaranya 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, 220 pohon jeruk, 300 pohon jambu air dan 200 aneka tanaman buah lainnya. Terdapat juga perternakan sapi dan rusa yang sengaja dipelihara di sana.

Selain wisata alam, pertanian dan peternakan, Kebun Buah Mangunan juga dilengkapi dengan kolam renang, outbond, bumi perkemahan dan banyak lainnya. Dengan segala fasilitas yang tersedia ditambah suasana alam yang tenteram, indah dan menyegarkan, Kebun Buah Mangunan adalah tujuan liburan yang jauh dari membosankan dan sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : George Timothy
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.