Berada dekat dari banyak titik wisata sejarah seperti Keraton dan Taman Sari, Alun-alun Selatan atau kidul selalu ramai akan wisatawan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, rombongan pelajar atau sekeluarga, tempat ini menjadi favorit karena cocok dengan berbagai kalangan.

Salah satu highlight di sini adalah puluhan becak hiasnya. Lampu warna-warni tiap becak menyemarakkan sekitaran alun-alun dibalik gelapnya malam di Kota Jogja. Becak-becak yang dapat Anda naiki dengan harga terjangkau ini dirancang dengan berbagai bentuk dan warna.

Alun-alun Kidul juga dipenuhi dengan jajanan khas Jogja dan berbagai hidangan kaki lima lainnya, dimana Anda dapat menyantap hidangan dan menikmati riuhnya suasana sambil berlesehan di atas taman alun-alun.

Anda juga bisa menantang diri Anda lewat Masangin, di mana Anda harus berjalan melewati dua pohon beringin yang ada di tengah alun-alun dengan mata tertutup. Menurut kepercayaan setempat, impian Anda akan terwujud bila Anda bisa melewatinya, dan orang yang bisa melewatinya hanyalah orang-orang dengan hati yang tulus. Jika Anda penasaran dengan tantangan ini, jadikanlah Alun-alun Kidul sebagai salah satu tujuan untuk menambah pengalaman wisata Anda di Kota Jogja.

Artikel : Iqbal Fadly | Foto : George Timothy
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.