Serpihan Surga di Tanoh Gayo

‘Negeri di Atas Awan’ memang menjadi julukan yang tepat bagi Kota Takengon dengan keindahan alamnya yang istimewa. Terutama dengan Danau Lut Tawar serta pegunungannya yang mengelilingi danau seperti mangkuk raksasa. Danau Lut Tawar menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat Gayo yang hidup di pesisirnya seperti nelayan, peternak ikan, dan persawahan, selain juga menjadi sumber air bagi rumah-rumah di Takengon. Dengan luas sekitar 5,472 ha, danau ini adalah danau terluas di Provinsi Aceh dan daya tarik utama bagi para wisatawan untuk mengunjungi Takengon.

Pesona danau yang berada di ketinggian 1,200 mdpl ini mampu menghipnotis para wisatawan dengan eloknya kombinasi dataran, perairan dan perbukitan yang mengelilinginya. Keindahan Danau Lut Tawar dapat kita nikmati dengan cara mengelilinginya atau memandangnya dari atas perbukitan Takengon seperti Bur Telege dan Pantan Terong, dua tempat wisata yang wajib didatangi untuk menikmati indahnya view Danau Lut Tawar dan Kota Takengon dari ketinggian.

Bur Telege atau Bur Gayo, menjadi favorit bagi wisatawan karena jaraknya yang sangat dekat dari pusat kota. Selain memberikan view yang indah, Bur Telege juga menawarkan fasilitas yang menarik seperti berbagai spot untuk berfoto dan tempat bersantai seperti hammock, ayunan dan kedai-kedai sederhana bernuansa alam. Sedangkan di perbukitan Pantan Terong, Anda bisa menikmati secangkir kopi sambil memandang indahnya sunrise di Kota Takengon dan Danau Lut Tawar dengan ketinggian yang sempurna untuk berfoto.

Anda hanya butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan untuk mengelilingi Danau Lut Tawar dan menikmati keindahannya dari dekat. Disela perjalanan Anda dapat berhenti untuk mengunjungi situs-situs sejarah seperti Loyang Mendale, Loyang Koro dan Putri Pukes yang berada di tepi danau. Di pinggir Danau Lut Tawar, tepatnya di Desa One-one, terdapat banyak rumah makan dengan hidangan khas Gayo yang tepat sebagai pemberhentian makan siang Anda.

Danau Lut Tawar juga memiliki beberapa spot terbaik untuk bermain air atau berenang sekalipun, seperti Pante Menye, Ujung Paking, Ujung Nunang dan masih banyak lagi. Anda bisa menyaksikan keseruan anak-anak sekitar bermain di tepi pantai, juga beberapa pemancing yang asyik dengan kailnya. Pantai-pantai ini juga menjadi spot bagi mereka yang menyukai kegiatan outdoor seperti camping atau outbound. Untuk Anda yang ingin merasakan suasana di atas danau, Anda bisa menaiki boat yang berada di Dermaga Dedalu atau Dermaga Tetunjung dengan harga yang sangat terjangkau.

Dibalik keindahannya, danau ini juga menyimpan berbagai legenda yang masih dipercaya penduduk setempat. Sejak dahulu kala Danau Lut Tawar memang selalu menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat Gayo, dimana para ceh didong kerap menyebutnya dalam bait syair mereka. Menunjukkan bahwa keindahan Danau Lut Tawar akan selalu menjadi kerinduan bagi orang-orang Gayo yang merantau, maupun bagi para pengujung yang kehabisan masa liburannya.

Artikel : Ibna Alfattah | Foto : Ibna Alfattah & George Timothy
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.